Login Register Tools

E-mail Print PDF

WORKSHOP PENULISAN DAN PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL

Publikasi ilmiah dalam jurnal internasional lebih-lebih jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntuan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh setiap Dosen. Hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian. Kewajiban penelitian dan publikasi ilmiah sudah jadi bagian dari setiap proses kenaikan jabatan fungsional akademik.

Menyadari akan hal tersebut dan untuk meningkatkan Klaster Kinerja LPPM maka Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEKOM) menyelenggarakan “Workshop Penulisan dan Publikasi Jurnal Internasional" dengan mengundang Bp. Jaka Aminata, SE, MA, Ph.D dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang sebagai pembicara pada hari Sabtu, 10 Maret 2018.

 

Selain membagi pengalaman selama menulis, mengisi dan bahkan menjadi reviewer jurnal internasional terutama di Eropa juga memotivasi dosen untuk "yang penting nulis dulu, di tolak, nulis lagi dan seterusnya"

Pada workshop juga di tunjukkan beberapa kesalahan (klinik jurnal) yang menjadikan draft di tolak atau harus di revisi oleh reviewer jurnal internasional berkaitan dengan tata bahasa pada beberapa artikel peserta yang sudah di kirimkan ke pembicara beberapa hari sebelumnya.Di akhir kegiatan para peserta di minta untuk menulis dalam selembar kertas, tentang apapun dalam format bahasa inggris untuk melatih menulis artikel yang baik dan benar.

 

Last Updated on Wednesday, 24 October 2018 09:16
E-mail Print PDF

Wisuda bersama STEKOM ke-31 dan STMIK Provisi ke-10 Periode ke 2 Tahun 2018

Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEKOM) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) ProVisi, melaksanakan kegiatan Wisuda ke 31 bagi STEKOM dan ke 10 bagi STMIK ProVisi pada Tanggal 13 Oktober 2018, di Aula Kampus Jalan Majapahit No. 605 Semarang.

Wisuda Bersama STEKOM dan STMIK ProVisi Ketua Senat oleh Dr. Unang Achlison, S.T, M.Kom, Sambutan Ketua Senat penyatuan perguruan tinggi STEKOM, STMIK ProVisi menjadi Universitas akan segera terwujud dengan itu Perguruan Tinggi semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat dalam mengembangkan Perguruan Tinggi, maka tidak perlu ragu jika ingin melanjutkan di STEKOM atau STMIK, kata Ketua Senat di sela-sela sambutan Wisuda Bersama.

Wisuda ini bagian dari membangun sinergi antara STMIK ProVisi dan STEKOM. Dalam wisuda Periode ke 2 kali ini melepas 322 lulusan Sarjana dari STEKOM,  serta melepas 12 lulusan Sarjana dari STMIK ProVisi, Sehingga Total wisudawan STEKOM dan STMIK Provisi dalam 2 Periode Tahun 2018 kali ini melepaskan 617 lulusan.

Sambutan Ketua panitia Drs. Bambang Suhartono, M.Kom Wisuda  STEKOM dan STMIK ProVisi Sebagian Besar alumnus yang telah diwisuda sudah memiliki pekerjaan tetap maupun kontrak, kebanyakan kuliah yang telah di lakukan ini untuk jenjang karir yang lebih baik di tempat kerja, di samping itu Prospek alumnus dalam memasuki dunia kerja sangat cerah, sebab mereka telah dibekali pengetahuan dan keahlian sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, selama dibangku perkuliahan.

Kegiatan wisuda bersama STEKOM dan STMIK ProVisi, juga dimuat di media cetak pada tanggal 16 Oktober 2018.

Last Updated on Wednesday, 24 October 2018 10:40
E-mail Print PDF

Penerimaan Mahasiswa Baru 2018

Last Updated on Friday, 15 December 2017 20:38
E-mail Print PDF

Bimbingan Teknis Pendampingan Validasi Data Laporan PD-DIKTI dan Implementasi PIN serta SIVIL bagi PTS di Kopertis VI

Dalam rangka kelancaran penyampaian pelaporan PD-DIKTI perguruan tinggi swasta, Kopertis Wilayah VI menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Validasi Data Laporan PD-DIKTI dan Implementasi Penomoran Ijazah Nasional (PIN) serta Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL). Sehubungan dengan hal tersebut, STEKOM menugaskan 1 (satu) orang dari unsur pimpinan bidang akademik dan 1 (satu) orang operator PD-DIKTI untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan pada hari Selasa – Rabu, tanggal 27 – 28 Maret 2018, bertempat di Hotel Wujil Ungaran, (Angkatan Ke-3).

PD-DIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) adalah sebuah pusat kumpulan data penyelenggara pendidikan tinggi seluruh Indonesia. Kumpulan data tersebut dikelola oleh Dirjen Dikti yang beralamatkan di http://forlap.dikti.go.id/ yang merupakan data hasil sinkronisasi aplikasi PD-DIKTI  yang dikelola oleh masing-masing perguruan tinggi nasional. PIN merupakan aplikasi yang digunakan untuk memproses penomoran ijazah dengan menggunakan data yang dilaporkan perguruan tinggi ke PD-DIKTI. Proses penomoran ijazah terdiri dari 2 (dua) tahapan utama, yakni: Reservasi atau Booking nomor ijazah untuk calon lulusan dan Pemasangan Nomor Ijazah dengan NPM calon lulusan. Dari proses PIN akan menghasilkan Nomor Ijazah Nasional (NINA) yang terdiri dari 15 angka meliputi: Kode Prodi; Tahun Lulus; NomorUrut; dan Check Digit. Penggunaan Nomor Ijazah Nasional (NINA) akan diwajibkan mulai tahun 2019.

Mahasiswa yang dapat direservasi nomor ijazahnya harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

1. Maksimal Jumlah SKS per semester adalah 24 SKS

2. Minimal IPK calon lulusan D1, D2, D3, D4 dan S1 adalah 2.00 sedangkan minimal IPK untuk S2, S3 dan Profesi adalah 3.00

3. Program Studi harus terakreditasi atau sedang dalam proses reakreditasi

4. Maksimal jumlah SKS pada semester antara adalah 9 SKS

 

SIVIL merupakan aplikasi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mengecek keaslian ijazah pada perguruan tinggi tertentu dengan cara :

1. Ketik https://ijazah.ristekdikti.go.id/

2. Isikan nama perguruan tinggi

3. Isikan nomor ijazah

4. Klik tombol VERIFIKASI

Setelah nomor ijazah ditemukan akan ditampilkan data Nama Mahasiswa, Nomor Pokok Mahasiswa, Program Studi, Jenjang dan Tanggal Lulus. Jika nomor ijazah tidak ditemukan bukan berarti ijazah tersebut palsu, tetapi ada kemungkinan data ijazah belum diinputkan ke PD-DIKTI atau untuk memastikan ijazah asli atau tidak, bisa langsung menanyakan ke perguruan tinggi yang bersangkutan.

Last Updated on Friday, 20 April 2018 17:09
E-mail Print PDF

ProVisi dan Perguruan Tinggi Tiongkok Tandatangani MoU

Hotel Patra Semarang (Foto: Humas)

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ProVisi Semarang (STMIK ProVisi), Jawa Tengah menjalin kerja sama dengan Hebei Normal University Tiongkok, kata Ketua STIMIK ProVisi, Sarwo Nugroho, S.Kom., M.Kom.

Ketua STMIK ProVisi, mengatakan kerja sama tersebut tertuang dalam MoU yang dilakukan di Semarang, pekan lalu.

Penandatangan dilakukan oleh Ketua STIMIK ProVisi, Sarwo Nugroho, S.Kom., M.Kom dan dari Hebei Normal University adalah Prof. Zhao Jin Guang, Ph.D didampingi pejabat struktural kampus setempat.

Dalam acara yang difasilitasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Wilayah 6 Jawa Tengah itu diikuti oleh beberapa PTS lain yang tergabung dalam anggota APTISI Wilayah 6 Jawa Tengah, salah satunya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ProVisi Semarang (STMIK ProVisi)

Menurut Ketua STMIK ProVisi, kerja sama yang dilakukan, antara lain di bidang penelitian, penulisan jurnal, pertukaran Dosen dan Mahasiswa serta kegiatan berupa lokakarya dan seminar.

Ia menuturkan ProVisi terus berupaya meningkatkan kerja sama dengan berbagai instansi dan juga perguruan tinggi, baik Nasional maupun Internasional.

"Melalui MoU tersebut diharapkan STMIK ProVisi Semarang dapat memperluas jaringan kerja sama baik dalam negeri maupun luar negeri," katanya.

Bagi STMIK ProVisi Semarang, menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri bukanlah hal baru. Sebelumnya, STMIK ProVisi Semarang telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di beberapa negara Asean dan Eropa.

Last Updated on Tuesday, 05 December 2017 12:18

Page 1 of 3

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  Next 
  •  End 
  • »