Login Register Tools
Tuesday, 13 November 2012 10:29

Persiapan dan Motivasi Skripsi Mahasiswa melalui Workshop Metodologi Penelitian

Rate this item
(0 votes)

Skripsi merupakan syarat kelulusan yang harus ditempuh oleh mahasiswa, namun beberapa mahasiswa merasa kurang siap ketika tiba waktunya untuk mengerjakan skripsi tersebut, bahkan menganggapnya sebagai momok. STMIK ProVisi mengadakan workshop metodologi penelitian dan kiat-kiat mengerjakan dan menyelesaikan skripsi dengan cepat pada hari Jumat, tanggal 9 November 2012 kemarin. Kegiatan ini dikhususkan bagi mahasiswa yang sedang mengambil skripsi.

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 20 mahasiswa ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama berisi materi gambaran metodologi penelitian skripsi dan motivasi. Materi ini disampaikan oleh Arief Hidayat, M.Kom, beliiau menyampaikan materi yang merupakan rangkuman dari materi kesamaan persepsi skripsi mahasiswa dari beberapa dosen-dosen, sehingga antara dosen satu dengan yang lain terdapat kesamaan metodologi penelitian skripsi. Arief Hidayat juga menggali kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa saat akan menentukan topik penelitian.

Pada sesi kedua, berisi tentang kewajiban publikasi artikel ilmiah hasil skripsi di jurnal online dan aturan penulisan artikel ilmiah di jurnal oleh Fitro Nur Hakim, M.Sn. Beliau menyampaikan bahwa mulai Agustus 2012, syarat kelulusan mahasiswa yaitu membuat artikel ilmiah dari hasil skripsi, namun beliau berpesan agar tidak terlalu mengkhawatirkan hal tersebut, karena fokus utama mahasiswa adalah menyelesaikan skripsinya terlebih dahulu, dan nantinya artikel ilmiah tersebut akan terbentuk dengan sendirinya, tinggal bagaimana mensarikan skripsi mereka ke dalam bentuk artikel ilmiah. Dra, Qorinta Shinta, M.Hum, selaku Ketua STMIK ProVisi mengatakan, "Dengan adanya workshop ini kami berharap mahasiswa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai proses pengerjaan skripsi sekaligus memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk segera menyelesaikan skripsinya dengan baik dan benar, sehingga bisa mengikuti Wisuda IV yang rencananya akan diselenggarakan Juli 2013".

Last modified on Thursday, 10 January 2013 12:49

Add new comment